Tips Agar Tetap Sehat Selama Pendakian Gunung

Share:

Mendaki gunung sedang menjadi trend yang disukai dan dibanggakan banyak kalangan. Terutama kalangan muda. Mereka belum merasa keren kalau puncak gunung belum tergapai. Oleh karena itu banyak kalangan muda yang memaksakan diri menggapai puncak gunung walaupun fisik tak mendukung dan hilang sehatnya.

Sebenarnya apa yang ingin mereka lakukan di puncak gunung? Mereka akan mendokumentasikan momen penting tersebut dalam bentuk foto dan video. Lalu mereka dengan suka cita, memposting hasil foto mereka ke berbagai  media sosial, seperti FacebookInstagramatau Twitter.

Agar momen itu terlaksana, berikut ini tips agar tetap sehat sampai puncak gunung tergapai.

1. Sebelum berangkat ke tempat pendakian, pastikan kamu sudah tidur cukup dan makan besar

2. Tak perlu membawa barang terlalu berlebihan, karena itu akan membuat beban semakin menghambat kekuatan jalanmu. Cukup bawa barang - barang yang bersifat survival seperti jaket, baju ganti, jas hujan, dan sleeping bag, serta barang - barang pribadi seperti obat dan makanan ( tenda dan kompor dibawa kolektif )

3. Makanan yang wajib dibawa adalah makanan yang manis - manis seperti gula jawa. Kalian bisa hisap gula jawa sepanjang perjalanan menuju puncak.

4. Minuman yang kalian bawa dari bawah, tak perlu banyak - banyak. Cukup bawa satu botol untuk bisa diisi ulang di setiap sumber air yang dilewati. Ini akan mengurangi beban tas kamu juga.

5. Selama perjalan, jangan pakai baju terlalu tebal, kecuali memang cuaca lagi dingin. Karena baju terlalu tebal akan menghambat pernafasanmu di perjalanan.

6. Hindari jalan terlalu cepat jika kamu seorang pemula. Jalan santai biasa saja, pelan - pelan sambil menikmati pemandangan akan lebih efektif dari pada sok - sok an jalan cepat.

7. Jika kamu sedang menemukan suatu tanjakan yang sangat curam, hindari membuka mulut. Bernafaslah melalui hidung, dan kontrol langkah agar selalu stabil iramanya.

8. Pakailah sepatu yang tahan terhadap air dan lumpur, biar jalanmu tetap mudah dan menghindarkan kaki mu dari kutu air.

9. Bawa tissue basah dan kering, dan gunakan tissue tersebut untuk mencuci muka setiap menemukan suumber air, agar tetap segar sampai puncak.

10. Bawalah sebuah selendang panjang yang terbuat dari kain, sebagai pengganti jaket. Itu dapat mengurangi beban bawaan, tetapi tetap memiliki fungsi yang sama dengan jaket.

Nah, itu dia tips - tips agar tetap sehat saat naik gunung. Dijamin foto kalian akan terlihat lebih sehat dan badan kalian akan terasa lebih ringan. Selamat mendaki!  src

No comments